Bangunan tertinggi di Indonesia akan menyaingi bangunan tertinggi di Malaysia

Menghangatnya kembali wacana soal pendirian Menara Jakarta di Kemayoran, membuat saya tergoda untuk iseng-iseng mencari tahu hal-hal seputar bangunan tertinggi yang ada di Indonesia dan juga di negeri jiran Malaysia sebagai bahan pembanding. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menambah runyam ketegangan yang mungkin ada antara negeri kita dengan negeri jiran itu, namun hanya sekedar mencari fakta bagaimana status bangunan tertinggi di kedua negara saat ini dan proyeksi ke depan nantinya.

Yang saya tahu bahwa Malaysia punya bangunan tertinggi yang entah peringkat ke berapa di dunia, yaitu menara kembar Petronas. Sementara untuk menjaga gengsi, dari dulu Indonesia sudah merencanakan akan membuat bangunan yang lebih tinggi dari Petronas yang akan didirikan di daerah Kemayoran, yang bernama Menara Jakarta. Anda juga mungkin sudah tahu kalau wacana Menara Jakarta ini kembali mencuat dan kini dalam tahap persiapan pembangunan pondasi seperti yang diungkapkan oleh Gubernur DKI awal Februari lalu.Tapi mungkin banyak diantara pembaca yang belum tahu, bangunan manakah sebenarnya yang hingga saat ini tercatat sebagai bangunan tertinggi di Indonesia (tidak termasuk Menara Jakarta tentunya..). Tahukah anda, meski sudah cukup banyak gedung-gedung perkantoran yang tinggi di Indonesia, ternyata faktanya menara pemancar televisi Indosiar (yang berada di daerah Kebun Jeruk, Jakarta Barat) adalah bangunan / struktur tertinggi di Indonesia dengan ketinggian menara total 395 meter, dan hebatnya menara yang didirikan tahun 2006  ini juga termasuk dalam katagori struktur dengan desain unik karena hanya ada satu-satunya di dunia (bersistem hybrid guyed-mast).

Bangunan tertinggi di Indonesia dan MalaysiaBangunan tertinggi di Indonesia dan Malaysia

Namun bila dibandingkan dengan negeri Jiran, menara Indosiar ini masih sedikit kalah tinggi dengan menara televisi di Kuala Lumpur yang tingginya lebih dari 400 meter (lihat gambar di atas). Menara televisi ini tampaknya adalah bangunan tertinggi kedua di Malaysia setelah menara Petronas yang tingginya lebih dari 450 meter. Artinya, saat ini memang Indonesia belum punya bangunan apapun yang punya ketinggian melebihi menara Petronas itu. Nah, bila memang Menara Jakarta ini jadi dibangun, maka menara ini nantinya akan mengambil alih posisi bangunan tertinggi diantara Indonesia dan Malaysia dengan ketinggian diatas 550 meter. Kabarnya, menara di Kemayoran ini nanti akan difokuskan untuk menjadi pusat transmisi siaran televisi digital dan seluler terpadu untuk wilayah Jabotabek.

Bagi yang ingin melihat perbandingan ketinggian gedung atau struktur tinggi di seluruh dunia seperti contoh di atas, bisa berkunjung ke SkyScraper Page.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: